Monday, August 2, 2010


Di fl studio memang banyak sekali sampler untuk kick karena di fl studio memang di sediakan sampler berbagai genre musik baik itu house,breakbeat, trance,progressive, happy hardcore, pop, hip hop, dan jenis musik lainnya. Buat kita yang sedang mencoba membuat Karya musik khususnya bikin lagu-lagu dj terkadang hal ini sangat membingungkan saat memilih kick. Karakter Kick nya yang mana nih yang bagus?? Betul..

Seperti yang gw alami dulu bro waktu pertama mengunakan Fl studio, coba kick ini, coba yang itu..gw dengerin kok gak pass ya. Beda jauh banget ma lagu-lagu dj yang dah jadi dari beatport.com. Terdengar mentah pas di convert ke mp3. Gw sengaja bandingin lagu dari beatport soalnya yang gw tahu kalo lagu dah di jual di beatport atau dj store lainnya memang kualitas suaranya sudah terjamin. Dari unsur apapun termasuk sourcing, mixing, balancing dan mastering. Oke langsung saja di bawah ini tips memilih kick di Fl studio..




1. Ambil kick dari contoh project di Fl

Di dalam software fruity loop sudah di sediakan beberapa contoh project lagu baik itu genre house, hip hop, trance, electro house dan lainnya dan selama gw dengerin kick-nya pas semua dengan karakter lagunya. Salah satunya adalah Kick (di project lagu eternity) Te-Lk-BD13. Untuk menemukan Kick ini dengan cepat silahkan Klik menu Tool - pilih browser smart find atau tekan ctrl + f. Ketik "BD", terus enter. Otomatis langsung ketemu. Selanjutnya tinggal masukin kedalam chanel sebagai Patern. Kick ini sangat bagus, padat dan enak di atur. Tapi jangan lupa di atur dulu karena pas di play bunyinya manjang..jiauuu... bagaimana cara setting kick yang bagus monggo lihat video di bawah..



Satu sampler kick bisa lo gunain buat genre apa aja...Kalo cocok..hehe..atur aja sesuka lo kalo cocok pake aja sampler kicknya. Lagu gw yang midnight arabic dan yang lagi di bikin masih tahap penyempurnaan juga pake kick Bd.

2. Composite kick

Letak kick ini pas banget di bawah Te-lk-bd13. Nama folder Fl chan. Kick ini juga bagus, suaranya bulat, padat. Bisa di atur juga keluaran suaranya sampai benar2 pas sesuai genre musik lo.

Dua aja dulu dah..itu saja kalo buat bikin lagu-lagu dj sudah ajip..banyak sebenarnya kick yang enak ngambil dari yang sudah di sediakan. Cuma kalo gak mau ribet pake aja kick dari contoh project. Oke bro..? tutorial lainnya bisa baca di postingan video tutorial fl studio, download aja videonya dan pahami. Yang penting harus sabar bro..bikin lagu gak usah terburu-buru hasilnya gak maksimal.

Ini cuma sharing aja yang gw tahu bagaimana memilih kick di fl studio gw juga masih banyak belajar bikin lagu-lagu dj memakai dj software Fl studio (fruityloop). Ente bisa belajar dari master yang lain seperti dj romy, dj winky, Riri dan lainnya. Merka sudah punya label sendiri..mantap ya..Kita kapan nih..? cheer.. lanjut besok bro..Selamat berkarya.

2 comments:

  1. sebuah software komposer musik ya? ampun DJ hehe

    ReplyDelete
  2. mampir pagi gan,,,bt nyari sarapan,,heheeheee biasa anak jalann laper....

    ReplyDelete

Do not insert the words that are not worth listening

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!